Cara Mengatasi Rasa Takut Masa Depan

Ada sebuah pertanyaan menarik kemarin yang saya baca saat browsing di quora. Yaitu tentang bagaimana caranya mengatasi rasa takut masa depan? Ini adalah salah satu pertanyaan buat saya cukup dalam. Bukan karena saya juga merasakan hal yang sama. Tetapi saya berusaha memahami sebuah situasi dimana ada perasaan yang tumbuh dalam sebuah pemikiran terhadap sesuatu di waktu yang akan datang.

Rasa Takut Masa Depan

Mungkin juga banyak barang kali ya orang yang merasa takut terhadap masa depan. Takut gagal. Takut miskin. Takut tidak bekerja. Takut sakit. Takut tidak mandiri. Takut tidak punya jodoh mungkin. Banyak sekali rasanya rasa takut. Mungkin kita perlu sendiri bertanya pada diri kita. Apa sih rasa takut yang kita rasakan? Rasa takut terhadap apa? Karena masa depan adalah kata penunjuk waktu. Mungkin pertanyaan saat kita berada di masa depan, apa yang kamu takutkan? Pekerjaan? Jodoh? Harta? Uang? Kasih Sayang? Kesendirian?

Jadi bisa dikatakan, saat ini kamu berada dalam rasa takut semisalkan rasa takut tidak sukses. Jadi orang yang berkekurangan, tidak punya harta, hidup biasa biasa saja, tidak punya pekerjaan yang layak.

Keadaan Di Masa Depan   

Sekarang mari kita melihat sesuatu yang berbeda di masa depan. Lawan dari rasa takut adalah berani, bukan? Sehingga kalau kita takut terhadap masa depan, maka kita ingin agar memiliki rasa berani masa depan. Kita ingin menjadi orang yang positif di masa depan. Bersemangat menghadapinya. Bersiap menyosongnya.

Kira kira juga apa sih yang kita lihat saat kita berani dalam menghadapi masa depan ini? Kalau takut kita cenderung perasaan murung atau sedih. Berarti kalau berani kita akan memiliki perasaaan bahagia, bersemangat. 

Saat berani menghadapi masa depan kita akan menjadi orang yang berdiri tegap, bergerak cepat, dan wajah cerah bercahaya. Bandingkan dengan saat takut, kita akan cenderung lemas, lambat dan redup wajahnya.

Mengatasi Rasa Takut Masa Depan 

Dalam mengatasi rasa takut, kita butuh untuk menetapkan keadaan masa depan yang diinginkan. Tentunya kita ingin agar kita berani dengan menghadapi masa depan. Kita bisa menentukan apa yang terjadi keadaan apa yang akan terjadi pada masa depan menurut kita.

Nah rasa berani ini sebenarnya bisa jadi pernah dialami di diri kita. Bisa diingat ingat kembali kira-kira kapan dimana dan rasa saat rasa berani ini ada. Semisalkan pernah berani saat acara jurit malam di sekolah. Saat ditinggal sendirian di rumah, sementara semua orang pergi. Saat berani menyeberang jalan di lampu merah pertama kali.

Rasa berani ini bisa ditimbulkan dari masa lalu kita. Dan gunakan rasa ini untuk menetapkan di diri. Oh saya ini mampu koq mengatasi rasa takut. Saya pernah berani. Berani ini yang dimasukan ke dalam diri untuk menghadapi masa depan.

Menangani masa takut juga bisa dengan melihat diri kita tatkala sukses di masa depan. Rasakan bagaimana saat kita sukses di masa depan. Apakah gerak tubuh kita? Apa perasaan kita? Bagaimana cara berjalan kita? Apa saja yang kita lihat di diri kita saat sukses? Misalkan bekerja di kantor besar, atau memiliki perusahaan yang tumbuh bagus. Di kelilingi oleh teman teman atau tim yang semangat sukses.

Itu semua adalah  bekal kita untuk berani. Kita pernah berani. Dan kita bisa membayangkan diri kita yang sukses hingga berani untuk mencapainya.

Melihat perubahan dan menangani kendala 

Saat kita berangkat menuju keberanian menghadapi masa depan. Maka kita bisa memperhatikan tanda tanda bagaimana kita perlahan menuju ke rasa berani ini. Apakah kita sudah mulai berpikir positif. Apakah kita sudah bisa melihat sesuatu itu mudah dicapai? Apakah kita bisa merasakan berani itu sudah timbul di diri kita.

Kalaupun kita belum berani, mungkin kita bisa melakukan beberapa hal untuk memperbaiki. Semisalkan kalau rasa berani belum muncul. Mungkin kita perlu melihat dari orang lain bagaimana meraka menjadi sukses padahal dahulunya mereka bukan lah siapa siapa. Sangat banyak tipe orang seperti ini. Mereka orang yang biasa-biasa saja, namun akhirnya mereka bisa menjadi orang yang luar bisa. Apa yang mereka lakukan? Apa yang ada disekeliling mereka? Apa pikiran yang merubah mereka. Sehingga saat sesuatu tidak berjalan. kita memiliki alternatif untuk mengatasinya.

Berani Menghadapi Masa Depan Menjadikan Diri Sukses

Berani menghadapi masa depan merupakan bagian dari diri kita. Dengan berani kita bisa lebih siap menghadapi masa depan. Kita bisa menjadi juara atas diri kita saat kita bisa membangkitkan rasa berani ini. Rasa berani karena kita berada di dalam lindungan Tuhan sang Maha Pencipta - Allah SWT. Dengan lebih siap, dan menjadi juara maka kita sudah menjalankan amanah Tuhan sebagai khalifah yang tidak takut apapun kecuali kepada tuhannya. Berani karena kita sudah pernah dan kelak akan sukses di masa depan.