Bandul Simbolis - Keseragaman baru atau Keterwakilan Bhineka

Upacara bendera hari kemerdekaan menjadi arena simbolis paradigma bernegara. Mulai dari pakaian, pengibar bendera, acara, hingga teknologi.

Saya memperhatikan sebuah cara menampilkan untuk mengedepankan leberagaman dalam kekuatan persatuan. Perbedaan, kebhinekaan menjadi cara menunjukkan hal yang mendasar yaitu persatuan bangsa.

Ada beberapa catatan terkait paradigma ini,

Cara berpakaian

Warna warni dan beragam pakaian daerah menyemarakkan acara upacara. Mulai dari aceh hingga daerah timur indonesia. Mulai dari abang none jakarta hingga raja solo, semua hadir dengan beragam keindahannya. 

Pribadi pribadi yang berbeda pakaian ini bertemu, berinteraksi secara santun dan penuh senyum. Persamaan bahasa dan kehidmatan mengikuti upacara, menyatukan mereka.

Pengibar bendera 

Para pengibar bendera juga merupakan salah satu simbolis dalam kegiatan upacara bendera. Berjumlah 76 anak muda mewakili 36 propinsi di seluruh indonesia. Mulai dari provinsi Aceh hingga Papua Selatan mengirimkan dua wakil terbaik mereka.

Ditempa oleh sebuah tim tentara yang profesional, mereka disatukan dalam sebuah pasukan yang utuh. Membangun kerjasama, salng percaya dan beeganrung satu sama lain untuk memberikan perfomansi terbaik mereka. Asal dan lingkungan mereka yang berbeda melebur dalam kesatuan.

Acara pertunjukan bakat

Keceriaan dalam memaknai kemerdekaan mewakili semangat kreatifitas talenta muda Indonesia. Setelah farel dengan "ojo dibandingke" di tahun 2022, kini lagu "rungkad" menjadi lagu pilihan yang dibawakan oleh putri. Talenta Indonesia muda yang sangat berbakat menuju tingkatan dunia.

Semangat mengisi kemerdekaan dengan memberikan semua kemampuan baik seni, olah raga hingga pengetahuan terbuka lebar. Kesempatan bagi para penerus bangsa untuk berkontribusi dengan sebaik baiknya.

Ajang Teknologi

Bila memperhatikan acara di televisi atau streaming, ada semangat adopai teknologi yang menarik.

Mulai dari kualitas ganbar yang beresolusi tinggi sehingga ganbar terasa jernih hingga teknik teknik pengambilan ganbar seperti penggunaan drone, multi location hingga perpindahan lokasi pengambilan yang apik. 

Semangat menunjukan bangsa ini menuju ke arah yang lebih maju setiap saat. Dari acara yang biasa biasa menjadi acara yang penuh warna dengan teknik penyajian yang tertata baik.

Kembali mengarisbawahi sebuah paradigma dalam bernegara sedang berlangsung. Dimana perbedaan dalam banyak atribut telah menyatukan kekuatan membentuk kemajuan dengan sebuah landasan berbangsa dan bernegara, yaitu Indonesia.

Dirgahayu Indonesia ke78! Merdeka!