Kesalahan Website ini yang pertama ditemukan

Website itu seharusnya jelas siapa penulisnya, apa yang ditulis, kebijakannya. Nah itu kesalahan dari website ini yang pertama.

Ringkasnya permasalahan website ini adalah tidak terindeks di google, sedangkan di bing aman. Saat mencari jawaban, bertemu dengan website yang sama ringannya, sama sederhananya dan sepertinya sama engine yaitu blogspot tetapi terindeks. 

Salah satu yang terlihat jelas adalah adanya link link standard yang dimiliki oleh sebuah website yang baik. Jadi teringat prinsip lama dalam mengembangkan web. Dari sini dimulailah perbaikan. Apa saja perbaikannya? akan dijelaskan dalam runutan cerita berikut. 

Tanda Kesalahan dari Website 

Bagaimana saya tahu saya kalau website saya ada yang salah salah. Tanyanya adalah saat saya melakukan pemeriksaan index melalui site:awpramono.my.id link yang ditampilkan hanya 2 halaman. Ini artinya ada yang salah.

Perintah site:domain adalah sebuah search keyword di google untuk melihat dari sebuah website, link artikel mana saja yang sudah terindeks.

Kemudian dicek juga di google search console. Ternyata memang ada beberapa masalah di sana. Salah satunya adalah masalah redirect.  

Menemukan Kesalahan Website dengan Melihat yang Lain

Langkah selanjutnya adalah mencari solusi. Dimulai dengan mencari di google. Dan bertemu dengan sebuah blog yang menjelaskan.

Ternyata blognya sederhana dan berisi artikel yang bermanfaat. Dan saya mendapatkan sesuatu yang menarik. Blognya ada link link yang menjelaskan tentang informasi tentang website, ada term of service, privacy policy, disclaimer, about us dan contact us. 

Sebenarnya ini mengingatkan saya pada prinsip dari sebuah website yang terpercaya. Salah satunya adalah kejelasan dari website, baik penulis maupun tentang kebijakannya.

Perbaikan dari Kesalahan Website

Dari kesalahan yang ditemukan, perbaikan bisa dilakukan. Pertama adalah menyiapkan konten statis dalam bentuk halaman page di blogspot. Dibuatlah beberapa halaman tadi yaitu  term of service, privacy policy, disclaimer, about us dan contact us. 

Selanjutnya dibuat menu dalam template di website. Dengan mengedit kode html, menambahkan beberapa baris kode html, jadilah beberapa link ke halaman page. Link tersebut ditaruh dibagian bawah. Dan juga ditambahkan di menu bagian atas.

Bagian ketiga adalah mengisi halaman tadi. Dengan melihat beberapa contoh. Dibuat beberapa halaman sesuai dengan isi baik dengan cara mengetik ulang maupun meng"copy-paste-edit" dari halaman website lain. Biar cepat hasilnya. 

Sekarang kita sudah menemukan masalah dan menyelesaikannya. Pelajaran menarik. Bisa jadi dalam kehidupan kita ada yang kita tidak sadari kalau yang selama ini kita jalani adalah salah. Dengan melihat kehidupan orang lain, kita bisa belajar sesuatu. Dari kesalahan website, kita menarik hikmah dalam kehidupan kita kalau kalau ada yang salah juga di hidup kita yang harus diperbaiki.  


Artikel Terkait