Gelombang Perkembangan Teknologi bernama Batterai

Sewaktu kecil, saya masih merasakan untuk nonton film batman di sore hari, harus keliling tetangga yang memiliki tv dengan batterai. Kala itu belum ada listrik. Sehingga untuk menikmati tv, setiap rumah harus memiliki batterai untuk menyalakannya.

Kalau sedang beruntung kita bisa menemui tetangga yang dekat dengan baterai yang cukup untuk menonton film anak-anak Batman.  namun kalau sedang semua Tetangga mencharge baterai maka kita harus berkeliling makin jauh untuk bisa menikmati film tersebut.

Itulah perkembangan teknologi batterai saat itu.

Ternyata perkembangannya makin maju. kita bisa melihat bagaimana baterai digunakan untuk kendaraan motor atau mobil dalam membantu penerangan dalam perjalanan dengan lampu. Di sini baterai tidak digunakan sebagai modal utama untuk menggerakkan mesin tetapi lebih cenderung sebagai alat bantu untuk mendukung kendaraan itu dalam perjalanan.

Kita juga bisa lihat bagaimana saat komputer hadir kemudian berkembang menjadi portable komputer atau yang sering disebut sebagai laptop. Dengan hadirnya laptop maka kita butuh baterai yang menghidupinya. di sini kita bisa lihat baterai sudah menjadi sumber utama bagi laptop untuk bekerja dan beroperasi sesuai dengan batasan waktu kapasitas baterai tersebut.

Perkembangan juga makin bertambah canggih dengan hadirnya telepon seluler atau handphone. saat itu baterai menjadi bagian dari handphone karena karakternya yang mobile. Bahkan kapasitas baterai bisa menjadi alat differensiasi dari handphone untuk ditawarkan kepada konsumen.

Sebenarnya bila kita runtut lebih jauh baterai juga digunakan untuk lampu penerangan di rumah dengan mengkombinasikan tenaga surya.  Kita juga bisa melihat baterai digunakan sebagai alat penerang waktu malam hari yang disebut dengan senter. Dengan lampu penerangan senter ini, para petugas keamanan di malam hari bisa bekerja untuk memeriksa hal-hal yang mencurigakan.

Berikutnya kita juga bisa melihat beberapa peralatan yang sudah menggunakan baterai seperti misalkan speaker yang portable. Sehingga memungkinkan kita mendengarkan musik dengan suara yang cukup keras di mana saja. Termasuk juga perkembangan headset bluetooth yang bisa dipakai menemani perjalanan di mana saja baik di pesawat, jalan kaki atau di kereta api.

Belakangan hari ini kita melihat bagaimana baterai digunakan untuk bisa menjadi tenaga utama dalam menjalankan kendaraan. Kita bisa melihat bagaimana mobil  menggunakan baterai untuk berjalan sehari-hari. Demikian pula untuk kendaraan motor. Saat ini kita bisa melihat mulai banyak kendaraan mobil dan motor yang menggunakan baterai.

Melihat kondisi seperti ini maka tidaklah mustahil bila ke depan kita bisa melihat baterai digunakan untuk peralatan-peralatan yang lebih besar seperti misalkan kapal pesawat terbang atau bahkan peralatan-peralatan berat yang mendukung transportasi atau operasional.  Demikian pula dengan pemanfaatannya bagi peralatan rumah tangga yang dibutuhkan untuk bergerak secara mandiri.

Di sisi lain penggunaan baterai ini akan memberikan manfaat positif kepada lingkungan karena penggunaan bahan bakar berbasis fosil yang cenderung mengeluarkan sisa pembakaran yang kotor akan hilang dan tergantikan dengan baterai yang bersih. Sehingga kita bisa menikmati udara yang lebih baik dengan tingkat kesehatan juga yang akan aman bagi manusia.

Ada hal lain juga yang perlu diperhatikan yaitu dengan semakin meningkatnya penggunaan baterai maka baterai ini akan bisa menimbulkan peluang limbah yang sulit untuk diurai.  Sehingga dibutuhkan manajemen pengelolaan limbah baterai yang lebih efektif sehingga tidak merusak lingkungan dalam waktu jangka panjang.

Demikian pula dengan  pembangkit tenaga listrik saat ini yang masih mengandalkan bahan bakar berbasis fosil seperti batubara atau diesel. Hal ini tentu saja yang menjadi adalah agregasi bahan bakar fosil di satu tempat yang berpotensi memiliki implikasi sama  terhadap lingkungan apabila tidak dikelola dengan baik titik sehingga tantangannya adalah bagaimana kita bisa menemukan sumber-sumber teknologi terbarukan seperti halnya matahari angin panas bumi yang lebih aman bagi dunia.

Demikian perkembangan teknologi terbaru kini yang bernama baterai dan mulai masuk ke beragam peralatan untuk membantu manusia menjadi lebih efektif dan tentu saja efisien serta aman bagi lingkungan.