Mau Tahu Empat Penyusun Sistem Kesehatan Kita, Mari Simak


Kesehatan kita ditopang oleh kebiasaan kita. Apa saja yang membuat kita sehat? Makan jelas, olah raga jelas. Apa lagi yang lain? Mari disimak.

Makanan

Dari sisi makanan kita mengenal ada 4 jenis makanan yang penting bagi tubuh kita. pertama adalah air kemudian ada karbon protein dan lemak. Keempat jenis makanan ini dalam keseharian bisa berubah namanya menjadi makanan yang kita kenal entah itu pecel lele nasi goreng stik atau sebatas kerupuk. namun tubuh kita memiliki bahasanya sendiri mereka tidak peduli dengan nama-nama yang kita berikan pada pesanan makanan yang kita asup setiap hari. Mereka hanya memandang 4 jenis makanan ini yang masuk ke dalam tubuh.  Selanjutnya tubuh melakukan proses terhadap makanan tadi sesuai dengan jenisnya.

Kalau kita perhatikan kita bisa melihat bahwa sekali makan kita mungkin akan memiliki empat jenis makanan tadi dalam satu waktu. Ada karbonya ada proteinnya ada lemaknya dan diselingi oleh minuman air. Pertanyaan sekarang adalah Apakah kita tahu manfaat dari setiap jenis makanan ini dan bagaimana tubuh memprosesnya?

Kedua yang perlu diperhatikan tentang makanan adalah tentang pola makan kita titik Apakah kita makan satu kali sehari tiga kali sehari 5 kali sehari karena termasuk dengan snack.  pola makanan ini juga berpengaruh pada tubuh kita seperti yang ketahui insulin akan bekerja tatkala karbo masuk dan akan menekan kadar gula supaya kembali angka normal di bawah seratus.

Bergerak

Komponen kedua adalah bergerak.  sebagai makhluk hidup kita sehari-hari pasti bergerak sesederhana bangun tidur menuju kamar mandi sampai yang begitu Komplek untuk mengikuti Marathon sejauh 42 km.  bergerak juga tidak diartikan semena-mena hanya berpindah kita tidur juga termasuk dalam hitungan berat karena saat tidur kita juga mengeluarkan energi. Karena otak kita tidak pernah berhenti untuk berpikir Dan itu membutuhkan energi.

Pertanyaannya adalah bagaimana keseharian kita dalam bergerak Apakah kita termasuk orang yang bekerja keras seperti mungkin atlet atau pekerja lapangan yang harus naik turun gedung titik atau kita termasuk orang-orang yang sangat sedikit untuk bergerak ke kantor naik go-jek naik mobil pribadi sampai kantor naik lift duduk seharian bergerak sebentar ke kantin untuk aksi ya kemudian kembali pulang dengan duduk di bus di kereta api.  itu semua menunjukkan aktifitas kita untuk bergerak.

Dan ini juga berpengaruh pada kesehatan kita.  kurang bergerak memberikan pengaruh pada tubuh.  kelebihan gerak juga bisa menyebabkan depresi pada tubuh. 

Tidur

Lalu apalagi dua komponen yang lain yang penting.  ternyata yang ketiga adalah tidur.  tidur adalah waktu di mana tubuh kita beristirahat yang dimulai saat kita memejamkan mata hingga terbangun kembali.

Hal yang menjadi pertanyaan adalah Jam berapa kita tidur dan Berapa lama kita tidur?  Kemudian Apakah dalam tidur itu kita sering terbangun ada pula seperti bayi? 

Emosi

Terakhir adalah hal yang penting tentang emosi.  kesehatan emosi kita menjadi sangat penting.  dalam sehari banyak ragam pola yang kita temui ada rasa bahagia ada rasa sedih ada rasa tergesa-gesa ada rasa rileks dan itu semua membentuk  kesehatan emosi  pada diri kita.  Menarik yang perlu kita ketahui ternyata hormon yang baik untuk di tubuh kita bekerja pada saat kita rileks.

Pertanyaannya adalah bagaimana kita mengolah emosi kita sehari-hari mulai pagi hingga kita tertidur. 


Dari penjelasan ini kita belajar bahwa ada empat komponen penting dalam menyusun kesehatan di diri kita titik pertama adalah makanan kedua adalah bergerak ketiga adalah tidur dan terakhir adalah kesehatan emosi.  pertanyaannya adalah seberapa sadar kita memperhatikan empat komponen ini? Kemudian apakah kita seimbang  dalam aktivitas kita sehari-hari sehingga syarat-syarat untuk menjadi sehat pada 4 komponen ini terjaga.

Semoga bermanfaat!